Selasa, 12 Maret 2013

Marketing Management : Brand Activation

Diposting oleh Unknown at 16.02
Apakah Brand Activation itu?

Gambar 1
Brand Activation adalah salah satu bagian dari aktivitas branding yang diperlukan untuk membangun brand awareness. Brand Activation juga merupakan sebuah proseskreatif yang menghubungkan antara brand dan konsumen .

Akhir-akhir ini banyak konsumen yang tidak percaya lagi pada "jani-jani" dalam iklan, hal ini disebabkan oleh sudah meningkatnya pengetahuan konsumen akan brand tersebut, maka otomatis konsumen pun tidak percaya lagi dengan apa yang ditampilkan dalam iklan brand tersebut. Maka dari itu lah para pemasar lebih memilih cara Brand Activation untuk membangun dan mendekatkan brand mereka terhadap konsumen. Dengan adanya brand activation maka sebuah brand bisa berinteraksi langsung dengan target pasarnya.

Namun, disisi lain masih banyak pemasar yang menolak akan program Brand Activation dengan asalan cost center, dan tidak menghasilkan penjualan secara langsung. Padahal, menurut saya dengan kreativitas dan secara berkelanjutan, Brand Activation bisa menjadi senjata ampuh bagi penjualan suatu brand dalam jangka panjang, karena konsumen akan cenderung loyal terhadap sebuah brand yg aktif melakukan kegiatan yang dekat dengan mereka (konsumen). Nah, dengan hal ini maka brand awareness brand tersebut akan meningkat, dan hal ini juga tentunya akan berbanding lurus dengan penjualan yang juga akan meningkat. Kalau bukan karena pengaruh yang dimiliki oleh brand activation, untuk apa perusahaan-perusahaan besar repot-repot merancang agenda mereka dan mengalokasikan sebagian besar dana promosi mereka untuk sebuah kegiatan brand activation?

Gambar 2
Contoh kecilnya saja, sebuah perusahaan yang memproduksi jam tangan melakukan brand activation dengan memasang pegangan tangan yang menyerupai sebuah produk terbaru brand tersebut pada bus transportasi di bandara ( Gambar 2). Fokus dari hal ini tentu saja untuk membangun sebuah koneksi emosional dengan brand tersebut melalui sebuah pengalaman yang sudah melekat. Hubungan yang akan dibangun itu tentu saja didasarkan pada pengetahuan akan karakter pelanggan. Dalam kasus ini, maka membuat sebuah ikatan emosional antara pelanggan dan brand akan membuat mindset pelanggan akan brand tersebut menjadi positif dan juga akan mengingat selalu brand tersebut.

Bukan hanya itu, salah satu tujuan dari brand activation dalah untuk memberikan pelanggan akan sebuah pengalaman unik, sehingga pada masa yang akan datang pelanggan mau membeli dan loyal dengan produk tersebut. .Masih banyak cara-cara lain untuk melakukan brand activation ini, misalnya saja mensponsori sebuah kegiatan olahraga atau kegiatan amal.

Menurut saya brand activation memiliki kekuatan yang luar biasa dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Bukan hanya itu, bahkan brand activation juga bisa untuk me-"rejuvenasi" sebuah produk yang teklah tercitra negatif oleh pelanggan. Jika dibandingkan dengan iklan, brand activation  tentu lebih "negna" dengan konsumen  karena brand activation memungkinkan adanya interaksi, sehingga hasilnya akan lebih efektif.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekuatan inti yang terdapat pada Brand Activation adalah, interaksi, pengalaman, dan publisitas.

Sekian penjelasan dari saya, Semoga berguna.  :D


  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 

Popular Posts

© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.