Selasa, 05 Maret 2013

MARKETING MANAGEMENT : DECISION ROLES

Diposting oleh Unknown at 21.27
Sebelum kita membahasa tentang apa itu decision role, baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu marketing.

Apa itu 

Marketing ??

Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informas mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

 Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seseorang membutuhkan sebuah handphone untuk memenuhi kebutuhan akan komunikasinya. jika ada sebuah handphone maka kebutuhan komunikasi orang itu akan terpenuhi. Namun, manusia tidak hanya ingin memnuhi kebutuhannya tapi juga ingin memnuhi keinginannya. Dalam kasus ini contohnya saja orang tersebut menginginkan sebuah handphone bermerek X. Hanphone yang memiliki fitur yang ia butuhkan. Maka orang tersebut akan memilih handphone merk X untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya dan juga keinginannya untuk menggunakan fitur dalam handphone tersebut.

Dalam marketing, juga mengulas tentang segmentasi dan juga target pasar atau yang biasa disebut dengan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), penjelasannya :

  • Segmentasi: Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
  • Targeting: Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.
  • Positioning: Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya
Untuk lebih mempermudah perbedaan antara segmentasi dan positioning, berikut ini adalah beberapa contoh segmentasi pasar dan beberapa contoh targetnya  ( Segmentasi : Target ) :
  • Geografis : Negara, Wilayah, dll.
  • Demografis : Usia, Jenis kelamin, Agama, Pendidikan, dll.
  • Psikografis : Kelas Sosial, Gaya hidup, dan Karakteristik Kepribadian
  • Behavior, dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Behavioral variabels : occasions, benefits, user, status, tingkat kepenggunaan, buyer-readiness, loyalty status & attitude.
  2. Decision roles : initiator, influencer, decider, buyer dan user.
Nah, disini kita akan membahas tentang Decision Roles. Apa itu Decision Roles? Decision roles adalah sebuah proses dalam pembuatan keputusan.  Bagian-bagian dalam Decision Roles dimulai dari keinginan seseorang akan membeli suatu barang hingga orang tersebut membeli barang itu.

  • Initiator adalah orang yang mencetuskan/ menginginkan akan suatu barang.
  • Influencer adalah orang yang mempengaruhi sebuah pengambilan keputusan.
  • Decider adalah orang yang memutuskan sebuah keputusan membeli/tidaknya
  • Buyer adalah seseorang yang mempunyai daya beli. sehingga mampu membeli barang yg diinginkan.
  • User orang yang mempergunakan barang tersebut. Namun, biasanya initiator-lah yang mempergunakan barang itu.


Contoh Kasus :
Seorang anak yang meminta dibelikan sebuah mainan kepada ibunya (anak sebagai initiator). lalu ibunya mengajak anak tersebut untuk pergi ke sebuah toko mainan, disana mereka bertemu dengan pegawai toko mainan tersebut yang meyakinkan sang ibu bahwa mainan yang ia jual adalah mainan yang aman bagi anak si ibu (pelayan sebagai influencer). Setelah menimbang, sang ibu akhirnya memutuskan untuk membelikan anaknya mainan tersebut (decider), lalu sang ibu membayar 50 ribu rupiah untuk mainan yang dibelinya itu (buyer). Akhirnya si anak bisa menggunakan mainan yang tadinya ia inginkan (anaksebagai user).




Chendika Yonanda
112400203

  • Share On Facebook
  • Digg This Post
  • Stumble This Post
  • Tweet This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Float This Post
  • Share On Reddit
  • Bookmark On Technorati

YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

0 komentar:

Have any question? Feel Free To Post Below:

 

Popular Posts

© 2012 SOFTECHNOGEEK | Modifikasi dan Publikasi Kodokoala. All Rights Reserved.